Minggu, 04 November 2012

GANGGUAN PADA PERSENDIAN



GANGGUAN PADA PERSENDIAN

Disusun oleh : Martin Aditiyo

            Pada keseharian kita yang banyak melakukan kegiatan aktivitas jasmani ataupun non jasmani seperti bekerja,kuliah,sekolah,belanja,dll tanpa disadari bahwa persendian kita dapat mengalami gangguan pada persendian sewaktu-waktu.Macam-macam gangguan pada persendian antara lain dislokasi,ankilosis,terkilir,dan artritis yang akan dijelaskan dibawah berikut ini :
1.    Dislokasi,disebabkan karena bergesernya sendi dari kedudukan semula karena jaringan gantungnya (ligamentum) sobek.
2. Ankilosis,disebabkan karena adanya suatu keadaan persendian yang tidak dapat digerakkan seolah-olah menyatu.
3.     Terkilir,adalah tertariknya ligamentum ke posisi yang tidak sesuai,tetapi sendi tidak bergeser.Terkilir dapat terjadi karena gerakan tiab-tiba atau gerakan yang jarang dan sulit dilakukan.
4.      Artritis,adalah peradangan yang terjadi pada sendi.Artritis dapat dibedakan menjadi empat sebagai berikut : 

  • Artritis Gout,terjadi karena adanya timbunan asam urat pada sendi-sendi kecil terutama jari-jari tangan.Sebagai akibatnya ruas jari-jari membesar. 
  • Osteoartritis,adalah menipisnya tulang rawan sehingga mengalami degenerasi.Akibatnya,terjadi gangguan pada saat sendi digerakkan. 
  •  Artritis eskudatif,adalah terisinya rongga sendi oleh cairan yang disebut getah radang.Penyakit ini terjadi karena serangan kuman. 
  • Artisis sika,adalah berkurangnya minyak sendi yang menyebabkan rasa nyeri saat tulang digerakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar