Minggu, 04 November 2012

Sepuluh macam komponen kondisi fisik



Sepuluh macam komponen kondisi fisik

Disusun oleh  : Martin Aditiyo
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

            Kondisi fisik adalah satu kesatuan utuh dari komponon-komponen yang tidak dapat dipisahkan begitu saja,baik peningkatan maupun pemeliharaannya.Di dalam usaha peningkatan kondisi fisik maka seluruh komponen tersebut dikembangkan.Walaupun disana sini dilakukan dengan sistem prioritas sesuai dengan keadaan atau status tiap komponen itu dan untuk keperluan apa keadaan atau status yang dibutuhkan tersebut.Hal ini akan menjadi jelas bila kita sampai pada masalah status kondisi fisik.
Selanjutnya tentang kesepuluh komponen tersebut masing-masing adalah sebagai berikut :
1.      Kekuatan adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja.
2.      Daya tahan (endurance),dalam daya tahan dikenal dua macam daya tahan,yakni :
·         Daya tahan umum
Adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung,paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efesien untuk menjalankan kerja secara terus menerus yang melibatkan kontraksi  sejumlah otot-otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.
·         Daya tahan otot
Adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang relative lama dengan beban tertentu.
3.     Daya ledak (muscular power) adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimal yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya.Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa daya ledak (power) = kekuatan (force) x kecepatan seperti dalam lompat tinggi,tolak peluru serta gerak lain yang bersifat explosive.
4.     Kecepatan (speed) adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam lari cepat,pukulan dalam tinju,balap sepeda,panahan,dan lain-lain.Dalam hal ini ada kecepatan gerak dan kecepatan explosive.
5.     Daya lentur adalah efektivitas seseorang dalm menyesuaikan diri untuk segala aktivitas dengan penguluran tubuh yang lebih luas akan sangat mudah diatasi/ditandai denga tingkat flexibilitas persendian pada seluruh tubuh.
6. Kelincahan (agility) adalah kemmampuan seseorang untuk merubah posisi atau arah di area tertentu.Seseorang yang mampu merubah 1 posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan kordinasi yang baik berarti kelincahannya cukup baik.
7.   Koordinasi ( coordination) adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan bermacam-macam gerakan yang berbeda ke dalam pola gerkan tunggal secara efektif.Misalnya dalam bermain tennis seseoran akan kelihatan mempunyai kordinasi yang baik bila dapat bergerak bila ia ke arah bola sambil mengayun raket kemudian memukulnya dengan teknik yang benar.
8.   Keseimbangan (balance) adalah kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ syaraf otot,seperti dalam hand stand,had stand,kuda-kuda plana,palang tunggal,dll.
9.   Ketepatan (acuracy) adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran.Sasaran ini dapat merupakan suatu jarak atau mungkin suatu objek langsung yang harus dikenai dengan salah satu bagian tubuh
-   Reaksi (reaction) adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak secepatnya dalam menanggapi rangsangan yang ditimbulkan oleh indra atau saraf lainnya seperti dalam mengantisipasi ketika akan menangkap bola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar